Mendalami Materi Bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI

 

Dibuat oleh Wahyudiono

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular

 

Integrated Marketing Communication

Selamat siang, pada sesi kali ini kita akan membahas mengenahi Pengertian, Unsur-unsur dan Manfaat Integrated Marketing Communication

 


Langsung kita simak yuk pembahasannya.

IMC Adalah – Dalam dunia bisnis, strategi pemasaran menjadi poin paling penting untuk menarik minat calon konsumen. Apalagi di tengah majunya zaman seperti sekarang ini, dunia bisnis juga akan berkembang, tidak hanya sekadar transaksi jual beli saja, tetapi juga harus memikirkan adanya komunikasi yang baik dengan calon konsumen.

Pengertian IMC (Integrated Marketing Communication)

Pada dasarnya, komunikasi menjadi hal utama dalam proses pemasaran, sebab pada hakikatnya, pemasaran juga merupakan proses komunikasi yang tercipta secara luwes antara perusahaan dengan konsumen. Maka dari itu, komunikasi dan pemasaran mempunyai keterikatan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, sehingga keduanya harus saling berintegrasi.

Menurut The American Association of Advertising Agency, IMC atau Integrated Marketing Communication ini adalah komunikasi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu. Dalam konsep perencanaan komunikasinya, lebih menekankan kajian pesan strategis pada masing-masing bentuk komunikasi yang kemudian dipadukan untuk memperoleh kejelasan pesan, konsistensi, dan dampak komunikasi secara maksimal melalui pengintegrasian pesan.

Sementara itu, menurut Kotler dan Amstrong (2004) dalam buku berjudul Dasar-Dasar Pemasaran, mengungkapkan bahwa IMC atau Integrated Marketing Communication ini adalah konsep yang diterapkan di suatu perusahaan yang dilaksanakan secara hati-hati terutama dalam mengkoordinasikan saluran komunikasinya, yang mana akan menyampaikan pesan secara jelas, konsisten, dan meyakinkan konsumen akan perusahaan dan produknya.

Lalu, menurut Belch memberikan definisi akan IMC atau Integrated Marketing Communication sebagai sebuah strategi bisnis yang digunakan untuk mengembangkan, mengeksekusi, mengevaluasi, dan mengukur suatu program komunikasi brand dalam jangka waktu tertentu kepada banyak orang. Banyak orang yang dimaksud disini adalah konsumen, pelanggan, karyawan, dan target pasar lainnya. Tujuan dari IMC ini adalah tentu saja untuk mendapatkan keuntungan brand secara finansial, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang, yang nantinya dapat sekaligus meningkatkan nilai dari suatu brand.

Selanjutnya, menurut Shimp (2003), menyatakan bahwa IMC atau Integrated Marketing Communication ini menjadi proses pengembangan dan implementasi atas berbagai bentuk program komunikasi yang bersifat persuasif, kepada pelanggan atau bahkan calon pelanggan secara berkelanjutan.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli yang berkaitan dengan IMC atau Integrated Marketing Communication ini, dapat disimpulkan bahwa IMC adalah strategi pemasaran yang digunakan di suatu perusahaan yang mengandalkan komunikasi dengan konsumen dengan berupa promosi dan bersifat persuasif, yang ditujukan kepada pelanggan atau bahkan calon pelanggan secara berkelanjutan. 

 

Unsur-Unsur Dalam Promosi IMC

Untuk mencapai tujuan IMC, maka perusahaan harus menggunakan alat bantu yang disebut dengan promosi. Hal itu sebab pada strategi pemasaran IMC ini nantinya akan mengintegrasikan berbagai alat-alat promosi supaya pesan yang hendak disampaikan benar-benar diterima oleh pelanggan.

Berikut adalah 9 elemen yang termuat dalam sebuah promosi IMC atau Promotion Mix:

1. Iklan (Advertising)

Iklan menjadi bentuk komunikasi non-personal yang “dibagikan” di berbagai media massa, mulai dari TV, radio, koran, hingga majalah yang berisikan informasi tentang perusahaan beserta produk dan jasa yang akan diperkenalkan kepada pelanggan. Iklan ini menjadi elemen komunikasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan, khususnya perusahaan yang memproduksi barang atas jasa kepada masyarakat luas.

2. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Elemen yang kedua ini merupakan sebuah aktivitas pemasaran yang teknik komunikasinya dilakukan oleh perusahaan secara langsung kepada konsumennya. Biasanya, aktivitas dari Pemasaran Langsung ini dilakukan dengan cara mengirimkan direct mail, telemarketing, hingga direct selling kepada konsumen sasaran. Pemasaran Langsung bertujuan untuk mendapatkan hubungan secara langsung (baik berupa tanggapan atau transaksi jual beli) dengan konsumen. Biasanya, pemasaran langsung ini mengandalkan sales.

3. Pemasaran Interaktif/Internet (Interactive/ Internet Marketing)

Promosi jenis ini lumayan banyak dilakukan oleh perusahaan, sebab saat ini memang jaringan internet diandalkan untuk keperluan berbagai bidang, tak terkecuali dalam strategi pemasaran. Aktivitas pemasaran ini dilakukan secara interaktif, yakni melalui handphone digital atau TV interaktif secara online, yang tentu saja menggunakan jaringan internet.

4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Aktivitas promosi ini nantinya akan dilakukan dengan cara membagikan sampel produk atau kupon kepada calon konsumen, sehingga secara tidak langsung akan mendorong mereka supaya bersedia melakukan transaksi pembelian. Sementara itu, untuk promosi penjualan yang ditujukan kepada distributor dan pedagang, dapat dilakukan dengan mengadakan kontes penjualan, pemberian harga khusus, hingga menyediakan merchandise yang berasal dari perusahaan secara langsung.

5. Publisitas (Publicity) dan Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Publisitas (Publicity) ini tentu saja berbeda dengan Iklan (Advertising), sebab dalam hal ini nantinya akan masuk ke jaringan media massa perusahaan dengan bentuk berita seputar produk dan jasa, hingga melakukan event yang nantinya akan diliput dan kemudian dipublikasikan oleh media massa.

6. Penjualan Personal (Personal Selling)

Dalam promosi ini nantinya akan melaksanakan berbagai aktivitas komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara penjual dengan calon konsumen. Aktivitasnya dapat berupa melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dari konsumen berkaitan dengan produk yang tengah ditawarkan, hingga mendapatkan prospek pesanan.

7. Word of Mouth Marketing

Dalam hal ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara perorangan dan bersifat lisan, tertulis, maupun melalui media elektronik. Hal-hal yang disampaikan adalah tentang pengalamannya ketika melakukan transaksi pembelian atau mengkonsumsi produk dan jasa yang berkaitan.

8. Events and Experience

Dalam hal ini, akan berupa kegiatan perusahaan yang mensponsori aktivitas dan program melalui perencanaan sebelumnya. Aktivitas dan program tersebut nantinya akan dirancang untuk kepentingan interaksi perusahaan yang berkaitan atas merek dengan masyarakat sasaran. Dalam event and experience ini mencakup kegiatan olahraga, pertunjukan, hingga kegiatan donasi.

9. Komunikasi di Tempat Pembelian (Point-of-Purchase Communication)

Dalam hal ini nantinya akan melibatkan poster, tanda, dan berbagai materi lain yang didesain secara khusus guna mempengaruhi keputusan calon konsumen supaya bersedia untuk melakukan transaksi di tempat pembelian. Biasanya, tata letak barang di toko selaku tempat pembelian sangat berpengaruh penting untuk menarik perhatian konsumen supaya mereka bersedia mencoba produk tersebut.

Manfaat Integrated Marketing Communication

1.      Hemat Biaya dan Waktu

Integrated marketing communication dimaksudkan untuk menyampaikan pesan yang kuat, jelas, dan konsisten sehingga calon pelanggan bisa benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin perusahaan sampaikan tanpa perlu melakukan banyak campaign. Selain efektif menghemat waktu, hal tersebut dapat menghemat biaya untuk melakukan produksi. Pada prinsipnya, kunci dari IMC adalah efisiensi.

2.      Efektif dalam Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini, konsumen dihadapkan dengan banyaknya iklan komersial setiap hari, mulai dari iklan di radio, TV, surat kabar, papan reklame di sepanjang jalan raya, panggilan dari telemarketer, spanduk di situs laman, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Banyaknya iklan yang tersebar di berbagai media tersebut nyatanya justru membuat konsumen kewalahan sehingga pada akhirnya pesan-pesan tersebut dibiarkan atau diabaikan begitu saja. IMC sendiri hadir untuk mengurangi risiko tersebut dengan meningkatkan brand awareness secara efektif  dengan pesan yang kuat dan konsisten.

3.      Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Seiring dengan kecanggihan dunia digital saat ini, pelanggan tidak hanya  mencari produk berdasarkan kualitas dan pelayanannya saja, tetapi mencari berbagai produk dan layanan yang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan strategi IMC, pelanggan akan ikut menentukan bagaimana pesan dari usaha Anda tersampaikan sehingga Anda bisa menciptakan user experience yang lebih baik. 

 

Sekian dulu pembahasan untuk kali ini semoga bermanfaat.

Terima Kasih

 

Sumber:

https://www.gramedia.com/literasi/imc-adalah/ IMC Adalah: Pengertian, Unsur, Proses, dan Implementasinya Pada Perusahaan - Gramedia Literasi

https://startupstudio.id/manfaat-dan-contoh-integrated-marketing-communication/ Manfaat dan Contoh Integrated Marketing Communication | SSI (startupstudio.id)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Efektif