Mendalami Materi Bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI

 

Dibuat oleh Wahyudiono

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular

 

PR WRITING

Selamat siang Teman, pada sesi kali ini kita akan membahas mengenahi WRITING PR DAN CYBER PR



Langsung kita simak yuk pembahasannya.

Menulis merupakan keterampilan dasar seorang praktisi humas (basic skills of PR officer). Penulisan Humas (PR Writing) merupakan bagian penting tugas pokok dan fungsi Humas.

Pengertian Penulisan Humas

Penulisan Humas adalah keterampilan menulis (writing skills) seorang Humas atau Public Relations (PR) dalam menghasilkan naskah, informasi atau berita yang diperlukan untuk kepentingan untuk membangun citra positif dan popularitas lembaga, perusahaan, atau organisasi.

Jenis-Jenis Penulisan Humas

Jenis-jenis PR Writing.

1. Siaran Pers

Siaran Pers (Press Release, biasa disebut rilis saja) adalah naskah berita (data atau informasi tentang sebuah kegiatan –pra ataupun pasca) yang disampaikan kepada wartawan atau kantor redaksi media untuk dipublikasikan di media tersebut.

2. Surat Pembaca

Surat Pembaca (letter to the editor) mirip siaran pers, terutama dalam hal teknis penulisan dan pengiriman. Yang membedakan adalah dalam hal isi dan tujuannya. Isi dan tujuan surat pembaca biasanya merupakan tanggapan, sanggahan, klarifikasi, atau penggunaan Hak Jawab dan Hak Koreksi atas informasi yang dinilai salah dan merugikan.

3. Advertorial (adv)

Advertorial = advertising dan editorial. Gabungan antara promosi dan opini atau pemberitaan tentang hal yang dipromosikan –produk, jasa, perusahaan, organisasi, aktivitas, atau program pemerintah. Bentuk tulisannya bisa berupa berita, feature, atau artikel. Advertorial sering disebut iklan dalam bentuk pemberitaan atau tulisan panjang.

Jenis advertorial a.l. adv produk, adv jasa, adv perusahaan, dan adv pemerintahan. Sifatnya bisa informatif, eksplanatif, interpretatif, persuasif, argumentatif, dan eksploratif.

4. Brosur

Brosur (Brochure) adalah selebaran cetakan satu halaman kertas yang terlipat dua atau lebih, berisi keterangan, informasi, atau gambaran tentang sebuah perusahaan, instansi, produk, atau jasa, atau bisa juga berisi sebuah ide dan kegiatan.

Jenis selebaran promosi sejenis brosur adalah booklet, yakni buku kecil tanpa jilid/cover berisi informasi dan gambar tentang suatu produk atau jasa.

5. Press Conference/Media Kit

Konferensi Pers (Press Conference) – undang media untuk menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara yang digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.

Media Kit adalah bahan tertulis sehingga kalangan pers memiliki data akurat dan lengkap sebagai bahan berita.

Bahan tertulis ini bisa berupa siaran pers, susunan acara, makalah, artikel, feature, bosur, proposal, atau informasi lengkap tentang kegiatan –tujuan, jadwal, target, kepanitiaan, daftar pengisi acara, dsb.—dan dimasukkan dalam sebuah map atau amplop besar.

6. Naskah Pidato

Naskah pidato (speech script) biasanya dilakukan penulis khusus yang disebut scriptwriter. Namun, ada punya petugas humas yang ditugaskan menulisnya.

Naskah pidato terdiri dari bagian pembukaan, isi, dan penutup. Ditulis dengan gaya bahasa tutur (spoken words) atau gaya bahasa percakapan (conversational language) karena naskah itu untuk diucapkan, dibacakan, atau disuarakan.

7. Newsletter

Newsletter secara harfiyah artinya “laporan berkala” atau “surat berita”. Merupakan media informasi dan komunikasi internal sebuah lembaga, biasanya terdiri dari dua hingga delapan lembar kertas kwarto atau folio, tanpa cover seperti majalah atau buku.

Isinya bervariasi mirip majalah, misalnya agenda dan berita kegiatan, artikel, feature, gambar, dsb.

8. Inhouse Magazine – Media Internal

Inhouse Magazine (Company Magazine) adalah media internal sebuah lembaga/perusahaan yang biasanya berbentuk majalah.

 

CYBER PUBLIC RELATIONS

Perkembangan internet terhadap pekerjaan PR/HUMAS menuntut kemampuan, ketrampilan, dan wawasan yang cukup. Media online dan jejaring sosial saat ini sudah sangat familiar di masyarakat dan menjadi sumber informasi selain televisi dan radio. Perkembangan media online dan jejaring sosial dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Peran individu bukan lagi sebagai objek pihak lai, melainkan berubah menjadi subjek yang mempengaruhi opini publik.

STRATEGI ONLINE PUBLIC RELATIONS

Strategi Online PR adalah selalu berorientasi membidik situs berita dan komunitas onlien yang berintegrasi khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara/atau vidio ke situs berita, dan dapat melalui diskusi yang berkaitan dan berhubungan dengan care businness organisasi.

Kelebihan online Public Relations;

  • Internet bekerja selama 24 jam
  • Potensi target seluruh dunia atau pasar global
  • Respons yang cepat
  • Interaktif, komunikasi dua arah
  • Hemat
  • Komunikasi konstan

Offline Public Relations

  • Relations
Reputasi
  • §  Relevans

Media Online Public Relations;

  • Email
  • Milis
  • Newsletter elektronik
  • Blog
  • Facebook
  • Youtube

Sekian dulu pembahasan untuk kali ini semoga bermanfaat.

Terima Kasih

 

Sumber:

PR Writing, Penulisan Humas » Romeltea Online

PPT Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Efektif