Mendalami Materi Bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI
Dibuat oleh Wahyudiono
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu
Tantular
PR WRITING
Selamat
siang Teman, pada sesi kali ini kita akan membahas mengenahi WRITING PR DAN
CYBER PR
Langsung kita simak yuk pembahasannya.
Menulis merupakan keterampilan dasar seorang
praktisi humas (basic skills of PR officer). Penulisan Humas (PR
Writing) merupakan bagian penting tugas pokok dan fungsi Humas.
Pengertian Penulisan Humas
Penulisan Humas adalah keterampilan menulis (writing skills) seorang Humas
atau Public Relations (PR) dalam menghasilkan naskah, informasi atau berita
yang diperlukan untuk kepentingan untuk membangun citra positif dan popularitas
lembaga, perusahaan, atau organisasi.
Jenis-Jenis Penulisan Humas
Jenis-jenis PR Writing.
1. Siaran Pers
Siaran Pers (Press
Release, biasa disebut rilis saja) adalah naskah berita (data atau informasi tentang
sebuah kegiatan –pra ataupun pasca) yang disampaikan kepada wartawan atau
kantor redaksi media untuk dipublikasikan di media tersebut.
2. Surat Pembaca
Surat Pembaca (letter to the editor) mirip siaran
pers, terutama dalam hal teknis penulisan dan pengiriman. Yang membedakan
adalah dalam hal isi dan tujuannya. Isi dan tujuan surat pembaca biasanya
merupakan tanggapan, sanggahan, klarifikasi, atau penggunaan Hak Jawab dan Hak
Koreksi atas informasi yang dinilai salah dan merugikan.
3. Advertorial (adv)
Advertorial = advertising dan editorial. Gabungan
antara promosi dan opini atau pemberitaan tentang hal yang dipromosikan
–produk, jasa, perusahaan, organisasi, aktivitas, atau program pemerintah.
Bentuk tulisannya bisa berupa berita, feature,
atau artikel. Advertorial sering disebut iklan dalam bentuk pemberitaan atau
tulisan panjang.
Jenis advertorial a.l. adv produk, adv jasa, adv
perusahaan, dan adv pemerintahan. Sifatnya bisa informatif, eksplanatif,
interpretatif, persuasif, argumentatif, dan eksploratif.
4. Brosur
Brosur (Brochure) adalah selebaran cetakan satu
halaman kertas yang terlipat dua atau lebih, berisi keterangan, informasi, atau
gambaran tentang sebuah perusahaan, instansi, produk, atau jasa, atau bisa juga
berisi sebuah ide dan kegiatan.
Jenis selebaran promosi sejenis brosur adalah booklet,
yakni buku kecil tanpa jilid/cover berisi informasi dan gambar
tentang suatu produk atau jasa.
5. Press Conference/Media Kit
Konferensi Pers (Press Conference) – undang media
untuk menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara
yang digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.
Media Kit adalah bahan tertulis sehingga kalangan pers
memiliki data akurat dan lengkap sebagai bahan berita.
Bahan tertulis ini bisa berupa siaran pers, susunan
acara, makalah, artikel, feature,
bosur, proposal, atau informasi lengkap tentang kegiatan –tujuan, jadwal,
target, kepanitiaan, daftar pengisi acara, dsb.—dan dimasukkan dalam sebuah map
atau amplop besar.
6. Naskah Pidato
Naskah pidato (speech script) biasanya dilakukan
penulis khusus yang disebut scriptwriter. Namun, ada punya petugas humas yang
ditugaskan menulisnya.
Naskah pidato terdiri dari bagian pembukaan, isi,
dan penutup. Ditulis dengan gaya bahasa tutur
(spoken words) atau gaya bahasa percakapan (conversational language) karena
naskah itu untuk diucapkan, dibacakan, atau disuarakan.
7. Newsletter
Newsletter secara harfiyah artinya “laporan berkala”
atau “surat berita”. Merupakan media informasi dan komunikasi internal sebuah lembaga, biasanya terdiri dari
dua hingga delapan lembar kertas kwarto atau folio, tanpa cover seperti majalah
atau buku.
Isinya bervariasi mirip majalah, misalnya agenda dan
berita kegiatan, artikel, feature,
gambar, dsb.
8. Inhouse Magazine – Media Internal
Inhouse Magazine (Company Magazine) adalah media
internal sebuah lembaga/perusahaan yang biasanya berbentuk majalah.
CYBER PUBLIC RELATIONS
Perkembangan internet terhadap
pekerjaan PR/HUMAS menuntut kemampuan, ketrampilan, dan wawasan yang cukup.
Media online dan jejaring sosial saat ini sudah sangat familiar di masyarakat
dan menjadi sumber informasi selain televisi dan radio. Perkembangan media
online dan jejaring sosial dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan
teknologi komunikasi. Peran individu bukan lagi sebagai objek pihak lai,
melainkan berubah menjadi subjek yang mempengaruhi opini publik.
STRATEGI ONLINE PUBLIC RELATIONS
Strategi Online PR adalah selalu
berorientasi membidik situs berita dan komunitas onlien yang berintegrasi
khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara/atau vidio ke
situs berita, dan dapat melalui diskusi yang berkaitan dan berhubungan dengan
care businness organisasi.
Kelebihan online Public Relations;
- Internet bekerja selama 24 jam
- Potensi target seluruh dunia atau pasar global
- Respons yang cepat
- Interaktif, komunikasi dua arah
- Hemat
- Komunikasi konstan
Offline Public Relations
- Relations
- § Relevans
Media Online Public Relations;
- Email
- Milis
- Newsletter
elektronik
- Blog
- Facebook
- Youtube
Sekian dulu
pembahasan untuk kali ini semoga bermanfaat.
Terima
Kasih
Sumber:
PR Writing,
Penulisan Humas » Romeltea Online
PPT Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI
Komentar
Posting Komentar