Mendalami Materi Bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI
Dibuat oleh Wahyudiono
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu
Tantular
PR WRITING
Selamat malam, pada sesi kali ini kita akan membahas mengenahi PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENULIS
Langsung kita simak yuk pembahasannya.
PR Writing adalah matakuliah yang menyangkut
masalah penulisan jurnalistik maupun non jurnalistik dengan tujuan membangun
citra dan opini public yang positif bagi PR. Bagi seorang PR, kemampuan menulis
mutlak dibutuhkan karena aktivitasnya akan melulu tentang memberikan berita ke
media massa ataupun medi sosial yang Sebagian besar merupakan informasi
tertulis. Kemampuan untuk menulis dengan baik dan efektif memungkinkan
seseorang untuk berkomunikasi dengan jelas dan efisien, membangun citra
profesional yan positif, membangun brand personal yang kuat, dan mengembangkan ketrampilan
kritis dan analitis yang penting. Kegiatan Public Relations dibutuhkan agar
dapat membangun image dan identitas perusahaan, terutama dalam bidang
komunikasi yang berlangsung dalam suatu perusahaan agar mampu menjaga dan
mempertahankan eksistensi di tengah persaingan. Kemampuan menulis merupakan
salah satu strategi Humas yang dapat membangun citra organisasi. Seorang humas
tidak hanya dituntut untuk mengembangkan kemampuan berbicara (lisan) akan
tetapi kemampuan menulis yang dapat menyampaikan informasi-informasi penting
kepada masyarakat secara efektif. Dalam penulisan, PR (Public Relations)
memiliki peran penting untuk membangun dan menjaga citra positif suatu
organisasi atau individu. PR bertugas untuk menyampaikan pesan yang tepat
kepada publik, menciptakan narasi yang menguntungkan, dan mengelola komunikasi
selama krisis. PR juga membantu dalam menentukan target audiens dan strategi
komunikasi yang efektif untuk menjangkau mereka. Beberapa kegiatan yang masuk
dalam cakupan PR writing antara lain menulis majalah, mengisi media
internal, menuliskan siaran pers, brosur, presentasi Power Point, lembar fakta,
posting blog, pembuatan artikel fitur, mempersiapkan laporan tahunan, dan
mempersiapkan naskah pidato. Semua konten biasanya mengikuti narasi yang
menarik tentang organisasi dan bekerja untuk mendukung tijian keseluruhan
organisasi.
PERAN PUBLIC
RELATIONS DALAM MENULIS
Peran informasi tertulis masih belum
tergantikan secara sempurna. Jadi peran kegiatan penulisan (writing)
dalam public relations masih sangat penting sampai saat ini. Public
Relations (PR) dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai hubungan
masyarakat atau biasa disingkat “humas” Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi menuntut Public Relations menjadi suatu fungsi penting
dalam menjalin hubungan komunikasi. Dalam perkembangannya, Public
Relations berperan pada kemajuan masyarakat di berbagai bidang, terutama
industri. Timbal balik atau feedback dari komunikasi dalam Public
Relations sangat diharapkan dan mutlak harus terjadi karena merupakan
prinsip pokok Public Relations itu sendiri.
Penulisan yang efektif dalam public relations (PR) harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti:
1. Ketepatan Sasaran: Menyesuaikan pesan dengan audiens target.
2. Klaritas: Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
3. Konsistensi: Menjaga konsistensi pesan di semua platform.
4. Singkat dan Padat: Menyampaikan informasi penting secara ringkas.
5. Tone yang Sesuai: Menyesuaikan nada dengan situasi dan audiens.
Syarat-Syarat
Penulisan (Writing) Public Relations Yang Baik
Menurut Dr. Willard G. Bleyer, berita yang baik adalah segala sesuatu yang hangat atau aktual dan menarik perhatian sejumlah pembaca (anything timely that interest a number of readers). Jadi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penulisan Public Relations yang baik.
1. Informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta (akurat) dan sesuai dengan kenyataan.
2. Aktual (tepat waktu).
3. Objektif (berdasarkan kenyataan, bukan opini seseorang).
4. Menarik (informasi yang disampaikan harus tertata dan menimbulkan pertanyaan bagi pembaca serta khas).
Jenis-Jenis
Kegiatan Penulisan (Writing) Public Relations
Soemirat
dan Ardianto (2004) mengembangkan konsep dasar Ivy Lee (Bapak PR)
mengenai kegiatan-kegiatan dalam Public Relations Writing. Berikut
beberapa jenis kegiatan PR writing:
1. Press Release (PRL).
Press Release adalah segala informasi yang dikemas dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations organisasi dan kemudian dipublikasikan oleh pengelola pers atau redaksi media massa, seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, dan sebagainya.
2.
Feature (karangan khas).
Feature atau
karangan khas disajikan lebih lengkap dan terperinci ketimbang press
release. Isi feature hampir sama dengan press
release. Feature bukanlah informasi untuk mempromosikan
produk. Feature memiliki bermacam-macam bentuk, tidak hanya berupa
tulisan dan foto, namun bisa dilengkapi dengan video, bagan, dan
grafik. Feature dapat dijumpai di majalah, buletin, televisi, dan
sebagainya.
3.
Artikel.
Artikel
adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang membahas masalah tertentu yang
sifatnya aktual dan kadang-kadang kontroversial. Artikel bertujuan memberikan
informasi (informative), memengaruhi (persuasive), meyakinkan (argumentative),
dan menghibur publik (Sumadiria, 2004).
4.
Advertorial.
Menurut
Hutabarat, advertorial atau pariwara tidak terlalu berbeda dengan feature.
Bedanya, advertorial lebih banyak bobot promosinya daripada informasinya.
Advertorial dapat digunakan untuk membangun citra perusahaan. Advertorial
merupakan gabungan dari iklan dan tajuk. Iklan mempromosikan sesuatu sedangkan
tajuk berisi opini publik, terutama citra dari subjek tulisan tersebut.
5.
Penulisan Surat (Komentar Pembaca).
Perusahaan
perlu memelihara citra positif yang telah dimilikinya. PR
writing memberikan media bagi publik untuk dapat menyampaikan masukan,
kritik, atau sarannya kepada organisasi atau perusahaan. Setiap surat kabar
kini memberikan keleluasaan kepada publik untuk mengirimkan pendapatnya yang
kemudian akan diterbitkan. Namun, tidak semua opini akan diterbitkan. PR lah
yang harus menyaringnya. Bahkan, PR bisa saja harus mengundang orang yang
memberikan opini tersebut.
6.
Selebaran.
Banyak bentuk selebaran yang dirancang oleh PR. Bentuk-bentuk selebaran yang sering kita temui antara lain:
1. Brosur atau buklet: Selebaran berbentuk buku kecil yang dirangkaikan dengan dijepit atau dijilid.
2. Katalog: Brosur yang dilengkapi dengan gambar dan keterangan harga serta jenis produk.
3. Diaries: Agenda yang diterbitkan setahun sekali.
4. Daftar harga dan formulir pemesanan: Daftar harga dan formulir pemesanan produk yang biasanya dilengkapi dengan jumlah barang dan cara pembayaran.
5. Kartu garansi: Kartu jaminan garansi atau perbaikan gratis dari pembelian produk.
7.
Jurnalistik.
Berbicara tentang jurnalistik artinya kita akan menyinggung soal wartawan, berita, dan informasi. Jurnalistik adalah proses penyampaian informasi melalui media tertentu kepada masyarakat. Menurut Soebandang, jurnalistik adalah seni dan keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa untuk disampaikan kepada masyarakat melalui media. Karya jurnalistik tidak hanya berupa tulisan, tetapi juga gambar, foto, video, dan sebagainya. Adapun seorang jurnalis memiliki ciri-ciri:
1. Rasa ingin tahu yang besar.
2. Skeptis.
3. Memiliki keyakinan akan kebenaran yang bersifat sementara.
Terima kasih
Referensi:
Kegiatan Penulisan dalam Public Relations » maglearning.id; https://maglearning.id/2021/01/19/kegiatan-penulisan-dalam-public-relations/#:~:text=Jadi%2C%20ada%20beberapa%20syarat%20yang%20harus%20dipenuhi%20dalam,tertata%20dan%20menimbulkan%20pertanyaan%20bagi%20pembaca%20serta%20khas%29
Pentingnya
Kemampuan Menulis bagi Praktisi PR (Public Relation) - Vocasia; https://vocasia.id/blog/pentingnya-kemampuan-menulis-bagi-praktisi-pr-public-relation/
pentingnya
pr dalam penulisan - Search (bing.com); https://www.bing.com/search?q=pentingnya+pr+dalam+penulisan&FORM=QSRE7
ARTIKEL
PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENULIS - Search (bing.com); https://www.bing.com/search?q=ARTIKEL+PERAN+PUBLIC+RELATIONS+DALAM+MENULIS&form=ANSNB1&refig=FB58A3718A4E4F26A612D9F6669A5041&pc=HCTS
Komentar
Posting Komentar